Oleh
Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin
Bismillahirrahmaanirrahiim
Allah berfirman.
Artinya :
“Katakanlah : “Aku berlindung kepada Rabb yang menguasai subuh”
[Al-Falaq : 1]
“Dari kejahatan makhluk-Nya” [Al-Falaq : 2]
“Dan dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita” [Al-Falaq : 3]
“Dan dari kejahatan-kejahatan wanita tukang sihir yang menghembus pada
buhul-buhul” [Al-Falaq : 4]
“Dan dari kejahatan orang yang dengki apabila ia dengki” [Al-Falaq : 5]
Mengenai ‘basmalah” telah berlalu penjelasannya
Firman Allah.
“Artinya : Katakanlah : “Aku berlindung kepada Rabb yang menguasai
subuh” [Al-Falaq : 1]
Rabb Falaq adalah Allah. Al-Falaq maknanya subuh. Boleh juga dengan
makna lebih umum, yaitu setiap apa yang dimunculkan Allah pada pagi
hari, seperti subuh, biji buah-buahan dan biji tumbuh-tumbuhan.
Sebagaimana firman Allah Ta’ala.
“Artinya : Sesungguhnya Allah menumbuhkan butir tumbuh-tumbuhan dan biji
buah-buahan” [Al-An’am : 95]
Dan firmanNya.
“Artinya : Dia menyingsingkan pagi” [Al-An’am : 96]
Firman Allah
“Artinya : Dari kejahatan makhluknya” [Al-Falaq : 2]
Yaitu dari kejahatan seluruh makhlukNya hingga kejahatan dirinya
sendiri. Karena nafsu selalu memerintahkan untuk berbuat jahat. Jika
engkau katakan, dari kajahatan makhluk-Nya, maka engkau adalah orang
pertama yang termasuk di dalamnya. Sebagaimana yang tertera dalam
khutbah hajah.
“Artinya : Kami berlindung kepada Allah dari kejahatan diri kami” [1]
FirmanNya “ Min syarri maa kholaq” mencakup setan dari golongan jin dan
manusia dan kejahatan lain-lain.
Firman Allah.
“Artinya : Dan dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita”
[Al-Falaq : 3]
Dikatakan arti ‘al-ghasiq’ ialah malam, dan dikatakan juga artinya
bulan. Yang shahih adalah bahwa ‘al-ghasiq’ mencakup kedua makna. Adapun
‘al-ghasiq’ artinya malam karena Allah Ta’ala berfirman.
“Artinya : Dirikan shalat dari sesudah matahari tergelincir sampai gelap
malam” [Al-Israa : 78]
Pada malam hari banyak kejahatan dan binatang buas berkeliaran. Oleh
karena itu, dipinta perlindungan dari kejahatan al-ghasiq, yaitu malam.
Al-ghasiq dengan arti bulan terdapat dalam hadits Nabi Shallallahu
‘alaihi wa sallam yaitu ketika beliau menunjukkan bulan kepada ‘Aisyah
seraya bersabda.
“Artinya : Inilah yang disebut al-ghasiq” [2]
Bulan dikatakan ghasiq karena cahayanya muncul di malam hari.
“Wa min syarri ghasiqin idzaa wa qab” athaf kepada “ min syarri maa
kholaq” yang termasuk dalam bab, athaf khusus kepada yang umum. Karena
ghasiq termasuk makhluk Allah Azza wa Jalla. Adapun firman Allah “ Idza
wa qab” yakni, jika menjelang. Malam jika datang menjelang disebut
ghasiq begitu juga bulan jika bersinar cerah disebut ghasiq. Ini semua
terjadi pada malam hari.
Firman Allah.
“Artinya : Dan dari kejahatan-kejahatan wanita tukang sihir yang
menghembus pada buhul-buhul” [Al-Falaq : 4]
“An-Naffaatsaati fii al-uqad” yaitu para tukang sihir yang mangikat tali
dan lain-lain, kemudian menghembusnya sambil membacakan mantera-mantera
yang terdiri dari nama-nama syetan. Ia menghembus setiap buhul yang ia
ikat. Demikianlah ia lakukan berulang-ulang. Tukang sihir yang tercela
ini menginginkan orang tertentu agar sihirnya mengenai orang tersebut.
Allah menyebut ‘naffaatsaat’ (bentuk perempuan) tidak ‘naffaatsiin’
(bentuk lelaki). Karena kebanyakan yang melakukan jenis sihir ini adalah
wanita. Oleh karena itu, Allah menyebutkan“An-Naffaatsaati fii al-uqad”
. Dan kemungkinan juga maksud dari An-Naffaatsat ialah hembusannya,
yang berarti mencakup pria dan wanita.
Firman Allah
“Artinya : Dan dari kejahatan orang yang dengki apabila ia dengki”
[Al-Falaq : 5]
Al-Hasid ialah seorang yang benci terhadap orang lain karena mendapat
nikmat Allah. Jika seseorang mendapat nikmat berupa harta, kedudukan,
ilmu dan lain-lain, dada mereka terasa sesak sehingga muncul sikap iri
tersebut. Al-Hassad (orang-orang yang mempunyai sifat dengki) ini
terbagi menjadi dua :
Seseorang yang benci terhadap orang lain karena mendapat nikmat Allah,
tetapi ia tidak berbuat apa-apa terhadap orang tersebut. Kamu akan lihat
dia seperti orang yang terkena demam panas jika melihat orang lain
mendapat nikmat, tetapi ia tidak melakukan tindakan apa-apa terhadap
orang tersebut.
Kejahatan dan bala’ ada pada orang yang dengki bila ia bertindak. Oleh
karena itu, Allah berfirman “idzaa hasad” artinya jika ia dengki.
Di antara tindakan orang yang dengki ialah ‘Ain yang mengenai seseorang .
yaitu, orang ini benci kepada orang lain karena mendapat nikmat Allah,
ia merasakan sesuatu terjadi pada dirinya jika si fulan mendapat nikmat,
pada saat itu keluar dari dirinya sesuatu yang jelek (yang sulit untuk
diungkapkan), kemudian ia kenai si fulan dengan ‘ain tersebut.
Akibatnya, bisa menyebabkan kematian, sakit atau gila. Terkadang orang
hasid ini dapat menghentikan mesin, atau merusak kendaraan atau
tiba-tiba mogok, dapat merusak pompa air atau penjaga kebun. ‘Ain itu
benar adanya dapat menimpa orang lain dengan izin Allah Azza wa Jalla.
Allah Azza wa Jalla menyebutkan : Jika malam telah tiba, tukang sihir
yang menghembus buhul-buhul, orang yang dengki apabila ia dengki, katiga
bencana ini terjadi secara tersembunyi.
Malam adalah tirai atau penutup ‘wa al-alayli idzaa yagsyaa”., “Demi
malam apabila menutupi (cahaya siang)”. Kejahatan yang tidak diketahui
terjadi pada saat ini.
“An-naffaatsaati fii al-uqad” ialah sihir yang tersembunyi yang tidak
diketahui. “haasidin idzaa hasad” ialah ‘ain yang juga tersembunyi.
Boleh jadi ‘ain itu berasal dari orang yang menurut perkiraanmu dialah
orang yang paling kamu cintai dan kamulah orang yang paling kamu cintai.
Namun ternyata, ia sendiri yang telah menimpakan ‘ain kepadamu. Oleh
karena itu, Allah mengkhususkan tiga hal ini, mala jika telah tiba,
tukang sihir yang menghembus buhul-buhul dan orang yang dengki apabila
ia dengki. Kesemuanya itu termasuk dalam firmanNya “ min syarri maa
kholaq”. “dari kejahatan makhlukNya”.
Jika seseorang berkata : Bagaimana cara menanggulangi tiga kejahatan
tersebut ? Kita katakana : Cara menanggulanginya dengan menjadikan hati
selalu bergantung kepada Allah Ta’ala. Menyerahkan semua perkara
kepadaNya, bertawakkal kepadaNya, selalu membaca dzikir-dzikir yang
disyariatkan untuk membentengi dan menjaga dirinya dari kejahatan
mereka.
Akhir-akhir ini, banyak yang menjadi korban ilmu-ilmu sihir,
pendengki-pendengki dan yang semisalnya. Karena manusia lalai dari
mengingat Allah, melemahnya rasa tawakkal, terlalu sedikit membaca
dzikir-dzikir yang disyariatkan sebagai pembenteng diri. Sementara kita
sudah ketahui bahwa dzikir tersebut merupakan benteng diri yang sangat
kokoh, lebih kokoh dari tembok Ya’juj dan Ma’juj. Akan tetapi sangat
disayangkan, banyak yang tidak mengetahui dzikir tersebut ; ada yang
mengetahuinya tetapi tidak melaksanakannya, dan ada yang membaca tetapi
dengan hati yang lalai. Semua ini adalah suatu kekurangan. Jika
orang-orang membaca dzikir-dzikir yang ada dasarnya di dalam syari’at,
niscaya akan selamat dari kejahatan tersebut. Kita memohon kepada Allah
agar diberi kesehatan dan keselamatan.
[Disalin dari kitab Tafsir Juz ‘Amma, edisi Indonesia Tafsir Juz ‘Amma,
penulis Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin, penerjemah Abu Ihsan
Al-Atsari, penerbit At-Tibyan – Solo]
_______
Foot Note
[1]. Hadits riwayat Ahmad dalam Musnad I/302
[2] Hadits riwayat At-Tirmidzi, dalam Kitab Tafsir, bab : Tentang surat
Al-Mu’awwidzatain, no. (3366). Ia berkata : “Ini hadits hasan shahih”.
Sumber : http://almanhaj.or.id/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar